Ban adalah salah satu komponen vital pada mobil listrik yang sering kali kurang mendapatkan perhatian dibandingkan dengan komponen-komponen lainnya seperti baterai dan motor listrik. Namun, peran ban dalam kinerja dan efisiensi mobil listrik tidak boleh diremehkan. Ban yang tepat dapat meningkatkan jarak tempuh, kenyamanan berkendara, serta keselamatan.
Pertama, ban yang dirancang khusus untuk mobil listrik biasanya memiliki hambatan gulir yang lebih rendah. Dengan hambatan gulir yang rendah, energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan mobil berkurang, sehingga mobil listrik dapat menempuh jarak yang lebih jauh dengan satu kali pengisian daya baterai. Kedua, ban untuk mobil listrik harus mampu menahan torsi yang lebih tinggi yang dihasilkan oleh motor listrik. Mobil listrik cenderung memiliki torsi yang instan dan kuat, yang dapat menyebabkan keausan ban lebih cepat jika tidak didesain dengan benar. Oleh karena itu, ban yang digunakan harus memiliki daya tahan yang tinggi serta mampu memberikan traksi yang optimal untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan berkendara. Terakhir, mobil listrik terkenal dengan operasinya yang senyap, dan ban yang tepat harus mampu meminimalkan suara jalan yang masuk ke dalam kabin. Ban dengan desain yang tepat akan memberikan penyerapan guncangan yang lebih baik, sehingga meningkatkan kenyamanan penumpang. Secara keseluruhan, memilih ban yang tepat untuk mobil listrik adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi efisiensi, kinerja, dan kenyamanan kendaraan.
Untuk menjawab tantangan tersebut, Dunlop mengadakan uji jalan (road test) pada mobil EV Hyundai Ioniq 5 dengan menggunakan ban Dunlop SP Sport LM705 dan ban kompetitor yang merupakan ban OEM mobil ini. Test berlangsung non-stop selama 30 hari di bulan Juni, dengan rute perjalanan dari Jakarta ke Semarang. Hasil dari uji coba ini sangat mengesankan. Ban Dunlop SP Sport LM705 menunjukkan performa yang luar biasa selama uji coba ini. Tidak hanya mampu menahan bobot ekstra dari mobil listrik, ban ini juga berhasil meredam getaran dan kebisingan dengan baik, memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan tenang. Selain itu, hambatan gulir yang rendah pada ban ini mendukung efisiensi tenaga pada mobil listrik untuk memperpanjang jarak tempuh kendaraan.
Kesuksesan uji coba ini memberi kabar baik bagi pemilik mobil listrik di Indonesia yang selama ini kesulitan mencari ban yang tepat dan juga mudah, maklum sebagian besar mobil listrik termasuk ban sebagai komponen nya, masih menjadi komoditas import sehingga terkadang konsumen susah mendapatkan barang dan sering kali harus merogoh kocek lebih dalam. Dunlop SP Sport LM705 merupakan produk unggulan dari Dunlop yang diproduksi di dalam negeri dan sudah cukup terkenal di kalangan otomotif sebagai ban pilihan utama. Teknologi Shinobi pada Dunlop SP Sport LM705 mampu meredam getaran dan kebisingan dari luar dengan baik. Kualitas dan performanya yang mengesankan menjadikan ban ini sebagai solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan khusus mobil listrik, seperti daya tahan, kenyamanan, dan efisiensi tenaga.
Dalam acara uji jalan ini, Dunlop juga mengajak pengamat otomotif Fitra Eri untuk merasakan langsung performa ban Dunlop SP Sport LM705 pada mobil listrik. “ Selama ini saya sudah menggunakan ban Dunlop SP Sport LM705 di beberapa kendaraan saya, sudah tidak diragukan lagi kualitas ban nya, dan setelah melihat hasil test yang mengesankan, saya juga akan mengganti ban di mobil listrik saya dengan ban ini” ucap Fitra Eri setelah mengikuti uji jalan. Dia juga menyampaikan hal ini menjadi kabar baik bagi pemilik mobil listrik karena sudah ada produk lokal yang tepat digunakan sebagai ban pengganti pada mobil listrik.