Tips & Articles

Ban Mobil Anda Juga Butuh Perhatian

Posted on Apr 26 2011

 

Kondisi ban mobil sangat menentukan kenyamanan saat berkendara, terutama soal akselerasi dan juga pengereman. Oleh karena itu, perawatan pada ban mobil memerlukan perhatian yang khusus. Kebanyakan para pengendara tak terlalu memperhatikan kondisi ban mobil mereka. Salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan adalah kondisi tekanan angin dalam ban. Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Transportasi di AS menemukan banyak sekali kasus mobil dengan kondisi tekanan ban yang tak sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrik.

Selain tekanan angin, beberapa hal lain yang sangat mengurangi performa ban mobil Anda adalah sebagai berikut :

1. Ban Kurang Tekanan

Ban yang kurang anginnya, mudah panas, bahkan lebih panas dari ban dengan tekanan yang cukup. Tekanan angin dalam ban akan menjaga agar ban tak mudah ‘melar’ alias kelenturannya tetap terjaga. Friksi atau retakan yang timbul pada ban dengan tekanan yang minim akan merusak karet dan konstruksi ban. Jangan tertipu oleh penampilan luar ban. Anda tentunya tak bisa memastikan ukuran tekanan yang pas dengan hanya memperhatikan penampilan luarnya. Maka diperlukan meteran pengukur tekanan ban dan menyesuaikannya dengan ukuran tekanan standar yang tercantum pada stiker di pintu pengemudi atau di sekitar ruang kemudi mobil.

2. Tekanan Ban Berlebih

Panduan ukuran tekanan yang tercantum pada dinding luar ban adalah tekanan maksimum yang ditetapkan oleh pabrik pembuat ban. Pabrik pembuat mobil tak memiliki ketentuan yang pasti soal itu. Ban dengan tekanan yang berlebih memilik daya cengkeram yang lemah dan beban akan tertumpu pada bagian tengah ban.

3. Penurunan Mutu Ban

Lapisan ozone, bahan kimia yang digunakan untuk membuat jalan dan sinar ultraviolet bisa menurunkan kualitas karet ban. Hal ini berlaku terutama untuk mobil-mobil jenis RV (caravan) dan juga trailer yang langsung terkena sinar matahari dalam waktu yang lama. Hal itu berpengaruh pada ‘kembangan’ atau tapak ban. Untuk menghindari kerusakan yang disebabkan oleh ozone, jangan menyimpan ban di dekat peralatan elektrik atau motor, bahan-bahan kimia untuk kolam atau sejenisnya, terutama di dalam ruangan yang tertutup. Indikasi yang mudah terlihat adalah retakan yang terjadi di permukaan luar ban. Jika retakannya terlalu lebar, maka saatnya ban mobil Anda diganti dengan yang baru.

4. Ban Tertembus Benda Asing

Benda-benda asing yang menusuk ban sehingga membuatnya bocor, mengharuskan pembongkaran ban dari velg dan hal itu membutuhkan penanganan yang tepat untuk menghindari kerusakan pada bagian dalam ban. Penambalan ban yang dilakukan pada bagian luar sifatnya hanya sementara. Penambalan dari dalam sangat diperlukan untuk menahan agar angin tak keluar dan menghindari perembesan air ke bagian dalam ban. Air yang merembes hingga ke bagian dalam ban bisa membuat ban jadi lembek. Selamat mencoba.

Promotional

Beli Ban Dunlop Sekarang, Nikmati Permainan Seru

Program bertajuk “Promo Dunlop” menghadirkan berbagai hadiah yang meriah. Seperti mendapatkan potongan harga tiket di… More >>

FAQ

Apa manfaat <em>spooring</em>

Spooring dilakukan dengan tujuan agar ban tidak mengalami keausan tidak merata atau aus pada satu sisi saja serta untuk… More >>

Tips & Article

Jangan Ragu Beli Ban Baru Lagi

Ban itu bukan makanan yang bisa busuk atau kadaluwarsa. Memang di dinding ban ada minggu dan tahun produksi, tapi tidak… More >>