Mampu Redam Getaran, Dunlop SP SPORT LM705 Tingkatkan Pengalaman Berkendara

Dunlop mengeluarkan ban mobil seri terbaru dengan teknologi terbaiknya, yakni Dunlop SP SPORT LM705, pada awal tahun 2022 lalu. Seri terbaru ini menjadi generasi penerus dari seri Dunlop SP SPORT LM704. Ban tersebut diklaim memiliki kemampuan yang lebih baik, terutama dalam meredam getaran mobil. Seperti apakah? Simak ulasannya berikut ini, Drivemate!

Getaran saat menyetir mobil

Mobil yang bergetar bisa terjadi karena berbagai macam faktor. Biasanya, penyebabnya adalah mesin mobil. Namun, apakah mesin mobil menjadi penyebab satu-satunya mobil bergetar? Jawabannya tidak karena masih ada beberapa faktor lainnya seperti berikut:

1. Ban mobil bermasalah

Salah satu penyebab mobil bergetar adalah karena ban mobil itu sendiri yang bermasalah. Getaran ini disebabkan karena permukaan ban tidak merata akibat adanya benjolan pada bagian ban mobil. Selain benjolan, ban mobil yang aus pun bisa jadi penyebabnya.

2. Kampas kopling aus atau habis

Kedua, periksa bagian kampas kopling pada flywheel. Jika mulai aus dan tidak merata, kinerja kopling pun bisa terganggu. Mobil akan mengalami penurunan performa dan muncul aroma hangus. Perpindahan gigi juga cenderung lebih sulit dan putaran mesinnya lebih tinggi apabila dibandingkan biasanya.

3. Masalah pada shockbreaker

Fungsi shockbreaker tidak lain adalah untuk meredam getaran. Akan tetapi, jika shockbreaker mengalami masalah, tentu akan berdampak pada kemampuannya dalam meredam getaran. Apalagi jika mobil dikemudikan dengan kecepatan tinggi, getaran akan sangat terasa dan apabila dibiarkan, cukup berbahaya bagi pengendara maupun penumpang.

4. Piston dan busi yang bermasalah

Keempat, getaran pada mobil bisa terjadi karena kerusakan piston dan busi mobil. Jika hal ini terjadi, tingkat akselerasi mobil menjadi tidak seimbang dan inilah yang membuatnya seolah menjadi pincang serta bergetar saat dikemudikan.

5. Engine mount yang bermasalah

Faktor penyebab getaran yang terakhir bisa terjadi karena engine mount yang bermasalah dalam menahan mobil. Hal itu bisa disebabkan oleh adanya guncangan atau mobil mengalami benturan dan kecelakaan. Pada kondisi ini, pemilik kendaraan bisa memperbaikinya di bengkel resmi agar daya cengkeram normal kembali dan dapat bekerja secara maksimal.

Harus pakai ban mobil yang seperti apa?

Cara paling mudah mengatasi getaran pada mobil adalah dengan memperhatikan kondisi ban. Di sini, penting bagi para pengendara dan pemilik kendaraan untuk menentukan mana ban mobil yang tepat. Tak perlu bingung, Anda dapat memilih ban Dunlop SP SPORT LM705.

Ban mobil andalan dari Dunlop ini didesain dengan teknologi khusus. Hal ini dapat dilihat dari segi desain pada pola telapak dan profilnya. Berkat teknologi terkininya, ban dapat mengefektifkan fungsi di bagian dinding samping maupun telapak ban. Hal tersebut dapat berfungsi sebagai peredam getaran di jalanan yang bergelombang.

Ban Dunlop SP SPORT LM705 pun memiliki tingkat penyerapan kejutan yang efektif pada bagian permukaan jalan. Penyerapan kejutan ini akan lebih merata berkat jumlah blok di telapak ban mobil yang cukup banyak.

Dunlop SP SPORT LM705 punya durability yang lebih lama

Bicara mengenai ketangguhan, kualitas Dunlop SP SPORT LM705 memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Pihak pabrikan pun mengklaim bahwa seri terbaru ini lebih kuat dan tahan lama hingga 10% jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, Dunlop SP SPORT LM704.

Nampaknya, ketangguhan dan ketahanan ban terbaru Dunlop ini bukan hanya sekadar isapan jempol. Pengujian sudah dilakukan di rute Jakarta - Tol Cipali hingga di Brebes Timur. Tes dilakukan dengan perjalanan bolak-balik. Bahkan, tercatat jarak yang ditempuh selama tes tersebut adalah sekitar 30.000 kilometer.

Di sisi lain, dalam pengukuran batas Tread Wear Indicator (TWI) pada tapak ban, Dunlop SP SPORT LM705 dapat bertahan untuk penggunaan hingga 100.000 kilometer. Ketahanan tersebut juga berkat material karet khusus yang digunakan Dunlop melalui pengujian standarisasi tingkat tinggi. Pengujian mendapatkan kesimpulan bahwa setiap 1 mm telapak ban dapat habis saat ditempuh jarak yang maksimal.

Tersedia dalam berbagai ukuran

Keunggulan lain dari Dunlop SP SPORT LM705 bagi pemilik kendaraan adalah ketersediaannya dalam berbagai ukuran. Dunlop SP SPORT LM705 tersedia dalam aspek rasionya mulai dari 30 hingga 70, sedangkan lebar tapaknya mulai dari 190 sampai 282. Lalu, bagian diameternya tersedia mulai dari ukuran 587 sampai 769. Dengan begitu, dapat disesuaikan dengan ukuran standar ban mobil aslinya. 

Setidaknya itulah berbagai keunggulan dari ban Dunlop SP SPORT LM705 untuk kenyamanan mobil dan berkendara Anda. Untuk informasi lebih lanjut soal ban Dunlop, langsung saja kunjungi website Dunlop di dunlop.co.id. Dapatkan juga berbagai informasi menarik seputar jenis-jenis ban dan perawatan ban dengan follow Instagram Dunlop!


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko