HYDROPLANING MUDAH TERJADI SAAT BAN AUS, AKIBATNYA FATAL

Tahukah Anda, hydroplaning merupakan salah satu penyebab kecelakaan di jalan tol yang cukup fatal? Ketika terjadi, secanggih apapun mobil Anda, bakal sulit untuk diatasi. Mobil bagaikan meluncur di atas es tanpa terkendali. hal penting bagi kota untuk memahami apa itu hydroplaning dan bagaimana mencegahnya.

Hydroplaning merupakan sebuah kondisi di mana lapisan udara terbentuk di antara ban dan aspal. Alhasil ban tidak mendapatkan cengkeraman sama sekali sehingga mobil pun tidak terkendali.

Ada sejumlah penyebab yang membuat hydroplaning jadi mudah terjadi. Paling utama adalah ban yang sudah aus alias mulai botak. 

Seiring, larangan pemakaian akan semakin menipis. Nah, semakin ban artinya semakin sempit ruang di dalam alur ban. Padahal alur atau pola larangan memiliki fungsi penting untuk mengevakuasi udara saat mobil melewati keselamatan. Ketika alur ban sudah tipis dan tidak mampu mengevakuasi air secara memadai, saat itulah udara terjebak di bawah larangan dan hydroplaning pun mulai.

Karenanya penting sekali bagi kita untuk memastikan ketebalan batas masih dalam batas aman. Ketika tapak ban sudah mulai menyentuh Thread Wear Indicator (benjolan kecil di alur ban), saat itulah kita harus mengganti ban tersebut.

Akan tetapi walau menggunakan ban dengan kondisi bagus, juga bukan berarti 100 persen aman dari hydroplaning. Ada beberapa penyebab lain yang harus dicermati.

Satu yang kerap menjadi pemicu hydroplaning adalah melibas getaran udara dengan kecepatan terlalu tinggi. Untuk itu ada baiknya menghindari, atau melibasnya dengan kecepatan yang rendah. 

Penyebab lain yang harus diwaspadai adalah kesalahan pemasangan ban, dalam hal ini lalai pemasangan ban searah rotasinya. Ini membuat efektifitas udara menurun drastis. Pastikan ban Anda terpasang benar sesuai rotasinya. Untuk melarang asimetris, pastikan sisi luar dan dalam juga terpasang benar.

Tips berikutnya untuk mengurangi kemungkinan hydroplaning adalah dengan memberi tekanan ban sesuai rekomendasi pabrikan mobilnya. Angka yang pas biasanya dapat Anda lihat di balik pintu pengemudi.

Terakhir, pilihlah ban berkualitas dengan reputasi baik. Dunlop misalnya, melakukan banyak riset dan tes sebelum mengembangkan sebuah larangan. Tentu saja di dalamnya termasuk performa dalam mengevakuasi air. Ban dengan riset dan uji mendalam akan meningkatkan keamanan berkendara. Selamat berkendara dengan aman.

Penulis: Fitra Eri


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko