Mengenal Apa Itu Aquaplaning dan Cara Mengatasinya

Selama mengemudi, pasti ada saja masalah yang menghantui. Mulai dari masalah eksternal seperti kemacetan, hingga problem internal seperti ban bermasalah. Selain ban bocor, sebenarnya ada kendala ban lainnya yang harus Drivemate waspadai, terutama saat musim hujan. Masalah yang dimaksud adalah aquaplaning, sebuah gangguan pada ban yang terjadi akibat kontak dengan air. Sebenarnya, apa itu aquaplaning?

Mengenal apa itu aquaplaning 

Aquaplaning adalah keadaan di saat ban kendaraan kehilangan daya cengkeram akibat adanya genangan air. Keadaan ini bisa dilihat ketika sebuah mobil melaju cepat di jalanan yang penuh dengan genangan air. Saat mobil melewati genangan air, ada kemungkinan ban mobil kehilangan cengkeramannya dan mulai tergelincir. 

Jika pengemudi tidak mengerti apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, dampaknya bisa fatal. Bahkan tidak hanya untuk pengemudi, kejadian ini juga bisa berdampak pada keselamatan penumpang serta pengguna jalan yang lain.

Bagaimana aquaplaning terjadi?

Saat Drivemate mengebut di jalanan, daya cengkeram ban akan membuat kendaraan tetap stabil dan terkendali. Namun saat mobil melewati genangan air, tekanan dari ban mobil akan membentuk sebuah lapisan air yang memisahkan ban dengan permukaan jalan. Lapisan air inilah yang membuat daya cengkeram ban menurun sehingga mobil mudah tergelincir. Apalagi saat mengebut, mobil akan sedikit terangkat karena adanya angin yang melewati kolong mobil. Pada saat ini, ban sebenarnya sudah kehilangan sedikit traksinya.

Ciri ban yang terkena aquaplaning

Saat sedang mengemudi melewati genangan air, ada beberapa tanda bahwa Drivemate akan atau sedang mengalami aquaplaning tersebut. Pertama, suara mesin kendaraan akan terdengar lebih kencang akibat derasnya cipratan air yang mengenai mesin. Kedua, transmisi terasa seperti berpindah, padahal tidak. Ketiga, laju kendaraan tiba-tiba menjadi lebih cepat dan sisi-sisi mobil terasa melayang. 

3 Cara mengatasi aquaplaning

Setelah mengenal apa itu aquaplaning dan bagaimana aquaplaning bisa terjadi, Drivemate juga harus tahu apa yang perlu dilakukan jika merasakan ciri-ciri di atas saat sedang berkendara melewati genangan air. Berikut adalah tips mengatasi aquaplaning yang harus Anda ingat.

1. Tetap fokus dan konsentrasi

Saat Drivemate mulai merasakan ciri aquaplaning, gunakan konsentrasi penuh untuk kembali mendapatkan kontrol mobil. Jangan sekalipun menganggap remeh atau bahkan meleng saat hal ini terjadi. Selain itu, kunci berikutnya adalah, tetap tenang dan jangan panik.

2. Hindari langsung menginjak pedal gas/rem 

Saat merasakan laju mobil terlalu cepat, jangan langsung menginjak rem. Hal tersebut bisa membuat ban mobil selip dan justru berujung petaka. Menginjak pedal gas juga tidak direkomendasikan karena justru akan memicu munculnya lapisan air yang membuat ban kehilangan daya cengkeram dengan cepat.

Drivemate sebaiknya menurunkan kecepatan mobil dengan melepas pedal gas secara perlahan dan kemudian dilanjutkan dengan menginjak pedal rem secara halus dan bertahap. 

3. Jangan putar kemudi terlalu cepat

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah jaga kemudi agar tetap lurus. Berbelok tiba-tiba saat ban mobil tidak mendapatkan traksi akan membuat laju kendaraan tak terkendali, bahkan Anda bisa kehilangan kontrol yang berdampak fatal.

Tips mencegah terjadinya aquaplaning

Nah, daripada Drivemate harus berhadapan dengan kondisi aquaplaning tersebut, lebih baik segera lakukan pencegahan. Sebenarnya, aquaplaning tidak akan mudah terjadi jika Anda rutin merawat kondisi ban mobil.

Salah satu caranya adalah dengan rajin membersihkan permukaan ban. Pada ban mobil, terdapat alur yang berfungsi untuk memindahkan air agar tidak tercipta lapisan air yang menyebabkan ban selip. Jika alur ban terisi kotoran, maka akan mudah muncul lapisan air penyebab aquaplaning. Untuk itu, jangan lupa bersihkan ban secara teratur.

Itu dia ulasan mengenai apa itu aquaplaning. Jika penyebab aquaplaning ternyata adalah karena kualitas ban buruk, maka solusinya adalah melakukan penggantian. Pilihlah ban dengan kemampuan anti-aquaplaning yang baik, seperti Dunlop Direzza DZ102. Bahkan salah satu ban keluaran terbaru Dunlop ini juga dibekali dengan performa daya cengkeram yang lebih baik di jalanan kering maupun basah, sehingga keamanan berkendara Drivemate lebih optimal.

Soal kenyamanan pun tak perlu diragukan karena Dunlop Direzza DZ102 memiliki tingkat kebisingan rendah, membuat pengalaman berkendara jadi lebih prima. Untuk informasi lebih lengkap seputar ban anti-aquaplaning maupun produk ban unggulan lainnya dari Dunlop, langsung saja klik di sini. Jangan lupa juga follow Instagram Dunlop untuk informasi lain mengenai perawatan ban dan tips mengemudi!


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko