Apa Artinya Kalau Lampu Indikator Mobil Menyala Terus?

Saat menstarter mesin mobil, berbagai lampu indikator pada dasbor di balik area kemudi biasanya akan menyala dan kembali mati beberapa saat kemudian. Namun, kalau ada lampu indikator mobil yang terus menyala, kemungkinan besar terjadi masalah pada kondisi mobil Drivemate.

Nah, kode indikator mobil cukup beragam. Tiap kode memberi informasi yang berbeda pula, lho! Sudahkah Drivemate tahu apa saja arti kode indikator mobil tersebut? Jika belum, cari tahu melalui penjelasan berikut ini, yuk!

Lampu indikator check engine

Pertama, ada lampu indikator check engine yang berlambang mesin dengan tulisan “check” di tengah gambar. Jika kode indikator mobil ini menyala, artinya ada masalah pada mesin mobil Drivemate. Saat indikator check engine menyala, maka yang harus Drivemate lakukan adalah segera mengecek mesinnya. Agar lebih akurat, bawalah mobil ke bengkel untuk diperiksa dengan lebih menyeluruh.

Indikator aki

Selanjutnya, ada kode indikator aki yang bergambar tanda plus dan minus di kutub yang berbeda. Jika lampu indikator mobil satu ini menyala, maka artinya ada masalah pada aki mobil, kabel-kabel mobil, maupun sistem arus listriknya. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya segera periksa aki mobil Drivemate.

 

Indikator tekanan oli mesin

Ketika lampu indikator tekanan oli mesin menyala, artinya mobil Drivemate sudah kekurangan oli atau ada masalah dalam pelumasannya. Kode indikator mobil untuk tekanan oli mesin dilambangkan dengan simbol teko yang mengeluarkan cairan. Segera cek oli mobil Drivemate dan isi ulang olinya jika memang sudah menipis.

 

Indikator temperatur mesin

Jika ada indikator berlambang termometer yang seperti kunci, maka itu adalah kode indikator mobil untuk temperatur mesin. Ketika lampunya menyala, berarti mobil Drivemate sedang mengeluarkan sinyal overheat atau mesin mobil terlalu panas. Segera matikan mesin dan cek penyebab overheat karena jika dibiarkan, mesin mobil akan mati total.

 

Indikator minyak rem

Indikator minyak rem dilambangkan dengan tanda seru di dalam lingkaran. Jika lampu indikator mobil ini menyala, maka kemungkinan ada tiga hal yang menjadi faktor penyebabnya, yakni posisi rem parkir aktif, minyak rem rendah, dan ketidakseimbangan tekanan hidrolis pada rem. Salah satu tindakan yang bisa segera Drivemate lakukan adalah menambahkan minyak rem dengan jenis sama di bengkel terdekat.

 

Indikator air wiper

Kode indikator mobil untuk air wiper dilambangkan dengan simbol wiper yang sedang menyemprotkan air. Saat indikatornya menyala, berarti airnya sudah hampir habis dan perlu diisi. Oleh sebab itu, segeralah isi ulang air untuk wiper pada tabung reservoir-nya. Jika masih menyala, berarti ada masalah pada sistem lampu indikator mobilnya.

 

Indikator rem parkir

Indikator rem parkir dilambangkan dengan tanda P besar dalam lingkaran. Jika lampunya menyala, artinya hand rem Drivemate belum terlepas. Sebelum menggunakan mobil, pastikan bahwa lampu indikator ini menyala supaya tidak overheat sampai mengeluarkan asap. Namun, jika lampu indikatornya masih menyala, segera bawa ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut.

 

Indikator bensin

Kalau indikator satu ini, pasti Drivemate sudah tahu apa yang harus dilakukan, bukan? Jika indikator dengan lambang stasiun pengisian bahan bakar ini menyala, maka artinya bensin mobil Drivemate sudah tinggal seperdelapan saja. Segera isi ulang bensin mobil di SPBU terdekat. Hindari menunda-nunda isi bensin karena hanya akan merepotkan saja nantinya.

 

Indikator seat belt

Jika Drivemate tidak mengenakan seat belt atau sabuk pengaman, indikator ini akan menyala dan mengeluarkan bunyi yang nyaring jika kecepatan Anda sudah di atas 20 km/jam. Indikator seat belt berfungsi untuk memperingatkan pengemudi agar memakai sabuk pengamannya. Maka dari itu, yang harus Drivemate lakukan saat indikator ini menyala adalah segera memasang sabuk pengaman demi keamanan berkendara.

 

Indikator airbag

Airbag adalah fitur pengaman yang disematkan di setiap mobil untuk mencegah risiko benturan terhadap pengemudi. Fitur ini dilambangkan dengan kode indikator mobil bersimbol penumpang dan balon besar yang mengembang. Jika lampu indikator mobil satu ini menyala, tandanya airbag sedang aktif untuk mencegah risiko benturan. Apabila tetap menyala saat tidak aktif, maka ada kemungkinan masalah pada kabel clock sprint.

 

Indikator ABS

Indikator ABS dilambangkan dengan tanda “ABS” besar di dalam lingkaran yang menandakan bahwa ada pengecekan otomatis pada sistem mobil. Indikator ini akan mati dengan sendirinya setelah proses selesai. Jika terus menyala, maka artinya ada permasalahan pada sistem atau kerusakan kabel di dekat roda. Hal yang bisa Drivemate lakukan saat terjadi hal seperti ini adalah membersihkan throttle body mobil atau membawanya ke bengkel terdekat.

Itulah beberapa arti dari lampu indikator mobil yang menyala. Mobil pada umumnya memang memiliki banyak kode indikator yang harus dipahami oleh pengemudi. Jadi, ketika ada salah satu kode indikator mobil yang menyala, Drivemate bisa langsung tahu penyebabnya dan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Dengan memahami semua arti kode indikator, artinya Drivemate sudah mahir dalam berkendara secara bijak. Ingat, lampu indikator yang menyala terkadang juga bisa disebabkan oleh hal lainnya. Maka dari itu, jangan lupa rutin membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut, ya!


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko