Mau Pergi Jauh? Pelajari Dulu Penyebab Mobil Overheat dan Cara Mencegahnya!

Saat Drivemate bepergian jauh dengan mengendarai mobil, kerap kali muncul risiko overheat atau kondisi ketika suhu mesin mobil terlalu panas. Jika mesin mobil mengalami overheat, jangan membiarkannya begitu saja karena dapat menyebabkan berbagai macam kerusakan. Memangnya, kenapa mobil bisa overheat? Bukankah mesin mobil sudah di-setting agar bisa mengatur suhunya agar tidak terlalu panas? Agar lebih jelas, simak tiga penyebab mobil overheat berikut ini, ya!

Penyebab Mobil Overheat

Mobil pada umumnya memang sudah dirancang agar mampu mengatur suhu agar mesin tidak overheating. Namun, ada beberapa penyebab mobil overheat, seperti pada komponen mesinnya yang bermasalah sehingga bisa menaikkan suhunya di atas ambang normal. Berikut ini penyebab mobil overheat yang patut Drivemate perhatikan, terutama saat akan bepergian jauh!

1. Cairan Radiator Habis

Penyebab mobil overheat yang paling umum terjadi adalah karena kehabisan cairan radiator. Cairan radiator berfungsi sebagai pendingin yang mampu menjaga kestabilan suhu mesin mobil. Jika cairan ini habis, maka mesin mobil bisa overheat.

Sebenarnya, cairan radiator punya umur yang cukup panjang, yakni bisa mencapai 20.000 – 40.000 km. Namun, Drivemate harus tetap memperhatikan komponen ini dan menjaganya agar tidak sampai habis. Sebelum jarak tempuh tercapai maksimal, Drivemate tetap bisa mengisinya untuk antisipasi, apalagi jika Anda sering melakukan perjalanan jauh.

2. Radiator Rusak

Penyebab mobil overheat yang berikutnya adalah radiator rusak. Radiator adalah komponen mobil yang berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu mesin. Jika radiator rusak, maka otomatis mesin akan overheat. Penyebab kerusakan radiator pun bermacam-macam, salah satu yang paling umum terjadi adalah kebocoran pada selang-selangnya.

Kebocoran pada selang radiator disebabkan oleh faktor usia yang membuatnya getas. Jika Drivemate menggunakan air tanah, air minum, atau cairan lain diluar coolant untuk mengisi radiator, maka hal tersebut juga bisa membuatnya cepat rusak. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya Drivemate menggunakan cairan coolant yang punya titik didih tinggi sehingga cepat menyerap panas.

3. Oli yang Digunakan Tidak Berkualitas atau Tidak Cocok

Penggunaan oli yang tidak berkualitas atau tidak cocok juga bisa menjadi faktor penyebab mobil overheat. Oli adalah pelumas mesin yang berfungsi untuk melindungi permukaan mesin dari gesekan antar-komponen. Oli yang berkualitas rendah cenderung cepat menguap dan tidak tahan panas.

Jadi, sebaiknya Drivemate memilih oli mesin terbaik agar tidak merusak komponen mobil yang menyebabkan mesin overheat. Lebih baik membeli oli berkualitas yang sedikit lebih mahal daripada harus membayar biaya servis yang jauh lebih mahal lagi.

Tips Mencegah Mobil Overheat

Agar mobil Drivemate tidak mengalami overheat, pastikan lagi semua komponennya berada dalam kondisi yang prima. Terlebih jika Anda akan berkendara jarak jauh, maka Anda wajib mengecek tiga hal berikut ini sebelum berangkat.

1. Cek Kondisi Air Radiator

Pertama, pastikan kondisi air radiator mobil Anda penuh sebelum bepergian jauh. Kehabisan air radiator adalah penyebab mobil overheat yang sering terjadi. Supaya lebih aman, pakailah cairan coolant atau cairan khusus untuk radiator yang bisa menyerap panas lebih cepat sehingga mesin terhindar dari overheat.

Hati-hati, air radiator dalam mobil sangatlah panas. Kalau Drivemate mau mengecek air radiator, pastikan dulu mesin mobil sudah dingin. Jika tutup radiator dibuka saat mesin masih panas, air radiator yang panas bisa menyembur dan menyebabkan luka bakar yang serius.

2. Pastikan Kipas Radiator Berfungsi

Tips kedua agar mobil tidak overheat adalah senantiasa mengecek kipas radiatornya berfungsi. Kipas ini berperan sebagai pendingin radiator karena radiator adalah komponen yang paling cepat panas. Maka dari itu, sebelum bepergian jauh, pastikan kipas ini berfungsi normal. Jika putaran kipasnya tampak tidak normal, segera perbaiki atau bawa ke bengkel.

3. Bawa ke Bengkel untuk Tune-up

Tune-up adalah prosedur perawatan yang mengembalikan semua komponen mobil ke performanya yang terbaik. Tune-up juga bisa membuat Anda tahu apa saja penyebab mobil overheat dan cara perawatannya. Sebelum bepergian jauh, Drivemate bisa bawa mobil ke bengkel resmi seperti Dunlop Shop untuk melakukan tune-up.

Di Dunlop Shop, tersedia layanan untuk melakukan tune-up. Tim mekanik Dunlop Shop akan mengecek semua komponen mobil Anda, lalu melakukan perawatan menyeluruh sampai ke dasar-dasarnya. Mulai dari mencari penyebab mobil overheat, mengganti filter udara, mengecek aki, mengecek busi, dan masih banyak lagi. Jadi, ayo bawa mobil Drivemate ke Dunlop Shop sebelum melakukan perjalanan jauh!

 

Kini, Drivemate sudah tahu apa saja penyebab mobil overheat dan apa saja yang perlu dilakukan untuk mencegahnya. Setelah ini, semoga Drivemate bisa terhindar dari masalah mesin mobil overheat agar perjalanan selalu aman dan lancar. Pastikan untuk rutin servis mobil atau lakukan tune up di Dunlop Shop supaya kondisi mobil selalu prima!


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko