Ini 5 Fungsi Dashcam Mobil yang Harus Kamu Ketahui!

Jika bicara tentang aksesoris yang harus ada di mobil, pasti Drivemate setuju kalau dashcam mobil merupakan salah satu aksesoris terpenting. Bagi yang belum tahu, dashcam adalah sebuah kamera kecil yang terpasang di bagian depan kabin mobil, entah pada kaca atau dashboard mobil tersebut. 

Tergantung dari canggihnya dashcam yang dibeli, alat ini bisa merekam video maupun suara bagian luar depan mobil atau sebaliknya; untuk merekam bagian dalam kabin mobil. Jadi, bisa dibilang dashcam merupakan CCTV untuk mobil. Memangnya, bagaimana cara kerja dashcam?

Cara Kerja Dashcam

Perlu diketahui, ada berbagai macam tipe dashcam mobil yang bisa Anda pilih. Tapi secara umum, dashcam bekerja dengan cara mendapatkan power dari mobil, kemudian kamera akan merekam seluruh audio dan suara, tergantung dari pengaturan yang dipilih. Beberapa tipe dashcam hanya merekam area depan mobil, tapi tidak sedikit juga dashcam yang dapat merekam bagian dalam kabin.

Saat dibutuhkan, ada dua cara untuk melihat file video dari dashcam, tergantung dari tipe kamera yang dimiliki. Ada yang bisa Drivemate akses langsung secara wireless, tapi ada juga yang perlu dipindahkan dari memori SD Card dashcam terlebih dahulu. Bahkan, beberapa dashcam canggih yang tersambung pada cloud membuat pemilik bisa mengakses video secara real-time.

Semakin canggih sebuah dashcam, tentu saja semakin banyak fungsi yang bisa Drivemate dapatkan. Namun, sebenarnya dashcam mobil biasa sudah cukup untuk menjaga keamanan pengendara. memangnya, apa saja fungsi dari dashcam?

5 Fungsi Dashcam Mobil yang Penting Kamu Ketahui

Jika Drivemate belum memiliki dashcam mobil, sekaranglah saatnya memasang kamera tersebut untuk keamanan perjalanan Anda. Berikut adalah beberapa manfaat dari pemasangan dashcam pada mobil:

1. Sebagai bukti jika terjadi kecelakaan

Fungsi utama dari adanya dashcam pada mobil adalah berjaga-jaga jika terjadi kecelakaan dengan kendaraan lain. Lewat rekaman dashcam tersebut, polisi bisa memastikan siapa pihak yang salah dan harus bertanggung jawab atas kerugian yang dihasilkan. Jadi, lewat dashcam ini, Drivemate bisa bebas dari tuntutan hukum jika ditemukan bahwa ternyata pengendara lainlah yang salah, bukan Anda. 

2. Mengawasi saat mobil dipinjam

Drivemate sering meminjamkan mobil kepada teman? Atau Anda sedang membuka bisnis rental mobil? Apa pun alasan peminjamannya, Drivemate perlu mengawasi gerak-gerik mobil tersebut. Agar praktis, tentu saja solusinya adalah memasang dashcam dua arah untuk memastikan bahwa si peminjam tidak sembrono dalam membawa mobil. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, beberapa dashcam juga memberikan rekaman video yang bisa diakses secara real-time lewat smartphone. Jadi, Anda bisa melihat langsung bagaimana kondisi mobil. Drivemate pun jadi tidak perlu khawatir lagi saat mobil dipinjam.

3. Membuat Anda jadi pengemudi yang baik

Dengan adanya dashcam, Drivemate tidak hanya memiliki bukti jika ada pengendara lain yang menabrak, tapi juga bukti jika ternyata Andalah yang salah. Oleh karena itu, adanya dashcam akan membuat Drivemate lebih berhati-hati dalam berkendara. Jika melakukan kesalahan, dashcam justru akan menjadi bukti Drivemate telah melanggar hukum.

4. Bisa juga untuk mengawasi anak

Anak Anda ingin membawa mobil sendiri? Nah, dashcam mobil bisa menjadi aksesoris yang dibutuhkan untuk mengawasi anak tanpa perlu repot-repot mengikutinya. Lewat rekaman video dashcam, Anda bisa melihat bagaimana perilaku anak saat menyetir mobil, lalu mengingatkannya jika ternyata si anak lalai saat menyetir.

Bahkan, beberapa dashcam yang canggih akan secara otomatis mengirimkan notifikasi kepada pemilik jika kedapatan pengemudi ternyata mengantuk, bermain HP, hingga melebihi batas kecepatan. Anda sebagai orang tua pun jadi lebih tenang saat anak mengemudi sendiri.

5. Untuk klaim asuransi

Terakhir, rekaman dari dashcam mobil bisa digunakan sebagai bukti saat klaim asuransi. Jika lewat dashcam terlihat bahwa pengemudi tidak salah, maka asuransi akan dengan mudah menyetujui klaim tersebut dan Anda bisa segera membawa mobil ke bengkel. Tanpa adanya dashcam, kemungkinan klaim asuransi diterima akan semakin kecil.

 

Jadi, pemasangan dashcam pada mobil pribadi memang tidak boleh diabaikan. Dengan kelima manfaat tadi, Drivemate bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman, atau bisa bersantai di rumah dengan nyaman saat mobil sedang dipinjam oleh rekan atau anak. Kalau pada mobil Anda belum ada dashcam mobil, pasang sekarang juga, ya!

 


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko