Pilihan Jalan Tol Baru untuk Perjalanan Mudik Lebaran 2023

Beberapa hari mendatang, musim mudik Lebaran 2023 akan segera tiba. Apakah Drivemate juga punya kebiasaan pulang kampung saat Hari Raya Idulfitri? Jika iya, ada kabar gembira! Total ada 16 jalan tol baru di Indonesia yang telah resmi dibuka dan bisa Anda jadikan pilihan saat mudik nanti. Mana saja rute tol baru tersebut?

Tradisi Pulang Kampung saat Lebaran

Drivemate pasti sudah sering melihat deretan mobil dengan plat nomor asing melintasi jalan antarprovinsi menjelang Lebaran. Sebagian besar adalah pengendara yang hendak melakukan tradisi mudik atau pulang kampung.

Tradisi pulang kampung memang erat kaitannya dengan Hari Raya Idulfitri. Bahkan, hal semacam ini tak hanya terjadi di Indonesia saja, melainkan juga di beberapa negara lainnya. Sebut saja Malaysia, Turki, dan Arab Saudi; ketiga negara tersebut juga memiliki mayoritas penduduk beragama Islam yang melaksanakan mudik saat Lebaran.

Bahkan, beberapa negara lain, seperti Cina, India, Mesir, dan Amerika, juga punya tradisi pulang kampung meski tak selalu dilakukan saat Lebaran. Negara-negara tersebut melaksanakan mudik saat Hari Raya Iduladha atau ketika ada perayaan Thanksgiving dengan maksud mengucap syukur bersama anggota keluarganya yang berada di kampung halaman.

Jalan Tol Jadi Rute Favorit Pengendara

Saat harus menempuh perjalanan panjang untuk pulang ke kampung halaman, sebagian besar dari pengendara pastinya memilih jalan tol sebagai rute favorit. Tak heran, sebab Drivemate mungkin akan berpikir bahwa jalan tol lebih luas dan bebas hambatan sehingga anti-macet. Padahal, jika semua orang berpikir seperti ini, pengguna jalan tol pastinya membeludak.

Oleh karena itu, meski pembangunan tol Jawa sudah digencarkan sejak beberapa tahun lalu, memilih melewati jalan arteri bisa jadi pilihan alternatif untuk menghindari kemacetan. Drivemate juga bisa menghilangkan kebiasaan berhenti di bahu tol untuk mengurangi jumlah kemacetan di jalan tol.

Ada 16 Jalan Tol Baru untuk Sambut Mudik Lebaran 2023

Nah, kabar gembiranya adalah sekarang sudah ada 16 jalan tol baru yang bisa jadi rute pilihan Drivemate saat mudik nanti. Tol baru ini tersebar di Jawa hingga Sumatera dan akan dibuka saat mudik Lebaran 2023 nanti. Lalu, mana saja cakupan rutenya?

1. Tol Cibitung-Cilincing (DKI Jakarta-Jawa Barat)

  • Seksi 4 Tarumajaya-Cilincing, panjang 7,29 km

2. Tol Cimanggis-Cibitung (Jawa Barat)

  • Seksi 2A Jatiraya-Cikeas, panjang 3,5 km

3. Tol Ciawi-Sukabumi (Jawa Barat)

  • Seksi 2 Cigembong-Cibadak, panjang 11,9 km

4. Tol Cinere-Jagorawi (Jawa Barat)

  • Seksi 3B Krukut-Limo, panjang 2,19 km

5. Tol Cisumdawu (Jawa Barat)

  • Seksi 4A dan 4B Cimalaka-Legok, panjang 8,2 km
  • Seksi 5A dan 5B Legok-Ujungjaya, panjang 14,9 km
  • Seksi 6A dan 6B Ujungjaya-Dawuan, panjang 5,1 km

6. Tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Jawa Barat)

  • Paket 3 Kutanegara-Sadang, panjang 8,5 km

7. Tol Serpong-Balaraja (Banten)

  • Seksi 1B CBD-Lego, panjang 5,4 km

8. Tol Serpong-Cinere (Banten-Jawa Barat)

  • Seksi 2 Pamulang-Cinere, panjang 3,64 km

9. Tol Pasuruan-Probolinggo (Jawa Timur)

  • Seksi 4A Probolinggo Timur-IC Gending, panjang 8,55 km

10. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Sumatra Utara)

  • Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura, panjang 20,4 km
  • Seksi 2 Indrapura-Kuala Tanjung, panjang 18,05 km
  • Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan, panjang 30 km
  • Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar, panjang 28 km

11. Tol Sigli-Banda Aceh (Aceh)

  • Seksi 5 dan 6 Blang Bintang-Baitussalam, panjang 12,31 km

Jangan Lupa Siapkan Kondisi Tubuh serta Perlengkapannya

Menyiapkan rute perjalanan saja belum cukup untuk mudik Lebaran. Anda juga perlu memastikan kondisi tubuh dalam kondisi fit sehingga kuat menyetir dalam jarak jauh, apalagi jika tidak ada anggota keluarga yang bisa menggantikan Anda mengemudi.

Berikutnya, siapkan juga bekal makanan dan minuman, obat-obatan, perlengkapan bayi (jika membutuhkan), dan perkakas mobil untuk jaga-jaga kalau kendaraan bermasalah selama berada di perjalanan.

 

Jika seluruh informasi di atas sudah Anda cerna dan terapkan, semoga mudik Lebaran 2023 nanti Drivemate bisa sampai dengan selamat di kampung halaman tercinta. Jangan lupa buat menyiapkan rute alternatif selain 16 jalan tol baru yang akan dibuka mulai akhir April mendatang. Jaga selalu kesehatan dan selamat menunaikan mudik!


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko