Pahami Trik Mudik Dengan EV ala Fitra Eri

Jadi, Anda berencana mudik ke kampung halaman menggunakan EV alias mobil full elektrik? Sebaiknya Anda pahami sejumlah triknya agar perjalanan semakin lancar dan nyaman.

 

Berbeda dengan mobil konvensional, EV memiliki karakteristik tersendiri, termasuk juga memiliki plus dan minusnya di perjalanan mudik.

 

Di antara nilai positifnya, EV memungkinkan Anda menghemat biaya perjalanan secara signifikan. Untuk menempuh jarak yang sama, biaya menjalankan EV hanya sekitar seperlima dibanding kendaraan bensin atau diesel. Selain itu EV melaju tanpa suara, tanpa getaran dan dengan tenaga instan. Membuat perjalanan Anda semakin nyaman dan manuver menyalip mudah dilakukan. Serta jangan lupakan juga kalau EV tidak menambah emisi apapun ke udara kampung halaman Anda.

 

Meski begitu EV juga punya satu kelemahan signifikan, yaitu waktu pengisian dayanya. Sementara proses isi bensin dari kosong ke penuh di mobil konvensional bisa diselesaikan dalam 5 menit saja atau bahkan kurang, mengisi daya penuh di EV membutuhkan waktu minimal 1 jam, itu pun dengan fast charging. Belum lagi bila sesampainya di fasilitas fast charging, ada EV lain yang sedang mengisi daya, membuat kita harus mengantre dan kehilangan banyak waktu.

 

Inilah yang membuat banyak orang enggan menggunakan EV keluar kota, apalagi untuk perjalanan mudik. Tapi bila memang kita mau menggunakan EV untuk mudik, ada kok sejumlah tips dari kami agar perjalanan makin lancar. 

 

Berikut sejumlah tips yang bisa diikuti.

 

1.⁠ ⁠GUNAKAN EV YANG PUNYA KEMAMPUAN DC FAST CHARGING

Dengan adanya kemampuan pengisian ulang cepat, Anda akan menghemat banyak waktu. Pengisian yang normalnya memakan waktu di atas 5 jam bisa diselesaikan tak sampai 1 jam dengan DC Fast Charging. Untuk itu pastikan mobil listrik yang akan Anda gunakan memiliki kemampuan tersebut. L

 

2.⁠ ⁠PAHAMI RANGE MAKSIMAL DARI MOBIL LISTRIK ANDA

Setiap EV memiliki data klaim jarak tempuh maksimal yang bisa dilalui dengan 1 kali pengisian penuh. Tapi harus dipahami kalau range tersebut bisa berubah tergantung kondisi jalan dan cara berkendara.

 

Untuk amannya, ambillah angka 80 persen dari range maksimal klaim dari pabrikan sebelum merencanakan perjalanan Anda. 

 

3.⁠ ⁠BUAT RENCANA MATANG PERJALANAN

Berkendara panjang dengan EV bisa menjadi pengalaman menyenangkan jika disertai perencanaan yang baik. Makanya buatlah catatan kecil rencana perjalanan sebelum berangkat mudik ke kampung halaman.

 

Setelah mengetahui range maksimal dari EV yang digunakan, Anda bisa merencanakan di mana bisa stop sambil beristirahat dan mengisi daya.

 

Di tol pulau Jawa, tidak sampai 70 km sekali ada fasilitas DC Fast Charging dari PLN. Rencanakanlah perhentian di rest area tersebut, di mana diprediksi baterai Anda akan berada di rentang 20-40 persen. Jadi sambil Anda istirahat, sholat (bagi muslim) dan makan di sana, mobil akan secara cepat diisi ulang. Selesai istirahat 30-40 menit, semestinya mobil sudah penuh terisi kembali dan siap melanjutkan perjalanan.

 

4.⁠ ⁠PILIH HOTEL DENGAN FASILITAS CHARGING

Akan sangat memudahkan bagi Anda jika di kampung halaman memilih tinggal di hotel yang ada fasilitas charging. Dengan begitu Anda bisa men-charge mobil saat tidur di malam hari, dan di pagi hari listrik sudah terisi penuh kembali.

 

Akan tetapi sebaiknya Anda informasikan ke hotel bahwa Anda akan mengisi ulang daya tiap malam selama Anda menginap di sana, dan lakukan booking charger bila perlu. Ini untuk menghindari slot charger dipakai kendaraan lain.

 

Bila Anda menginap di rumah sanal saudara, pastikan saja listriknya memadai untuk Anda melakukan pengisian ulang. Jika tidak, Anda juga bisa mengisi ulang listrik di kantor-kantor PLN terdekat.

 

5.⁠ ⁠UNDUH APLIKASI PENGISIAN DAYA

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi untuk melakukan pengisian daya di SPKLU. Aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah PLN Mobile dan Charge-In. 

 

Pahami cara penggunaannya sehingga mempermulus proses pengisian daya di SPKLU nanti. Pastikan juga Anda memiliki dana di e-Wallet untuk melakukan pembayaran isi ulang daya.

 

Demikianlah sejumlah tips menggunakan EV untuk mudik Lebaran. Semoga perjalanan Anda aman, nyaman dan menyenangkan. Selamat berlibur.

 

Penulis : Fitra Eri 

 


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko