Ketahui Cruise Control dan Penggunaannya yang Tepat

Mobil-mobil keluaran terbaru banyak yang sudah dilengkapi dengan Cruise Control. Fitur ini sebenarnya sangat membantu kenyamanan mengemudi. Namun, jika salah memanfaatkannya, bahaya bisa menanti. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui penggunaannya yang tepat. 

Cruise Control merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi otomotif yang pesat. Fitur ini hadir untuk membantu kenyamanan pengemudi terutama ketika hendak melakukan perjalanan jauh hingga ratusan kilometer.

Saat berkendara jarak jauh, pengemudi bisa merasa lelah karena harus terus-menerus menginjak pedal gas. Dengan Cruise Control, hal itu bisa diatasi. Fitur yang juga sering disebut sebagai Speed Control atau Autocruise ini akan membuat kelelahan pengemudi bisa dikurangi.

Mengapa bisa seperti itu? Teknologi di Cruise Control mampu mengatur kecepatan mesin stabil tanpa membutuhkan pijakan pedal gas. Berkat Cruise Control, mobil bisa tetap bergerak dengan kecepatan yang konstan tanpa perlu menginjak pedal gas.

Kemampuan itu akan sangat membantu ketika tengah melakukan perjalanan jauh. Tinggal aktifkan Cruise Control, kaki bisa diistirahatkan dari pedal gas untuk sementara waktu. Sangat nyaman sekali.

CARA PENGGUNAAN

Cara penggunaan Cruise Control sangat mudah. Pengemudi tinggal memencet tombol pengaktifan agar Cruise Control aktif. Namun, pengemudi harus memacu mobil sesuai dengan kecepatan yang diinginkan sebelum mengaktifkannya.

Katakanlah pengemudi ingin kecepatan mobil terjaga di 60 km/jam. Maka ia harus memacu kendaraannya mencapai kecepatan tersebut dan sesudahnya baru memencet tombol Cruise Control. Setelah itu mobil pun akan melaju dengan stabil di kecepatan 60 km/jam.

Namun, di beberapa jenis mobil ada pula tombol pengatur kecepatan Cruise Control. Pengemudi tinggal mengaturnya sesuai keinginan, entah dengan menambah kecepatan atau justru menguranginya.

Biasanya produsen mobil mematok batas kecepatan terendah agar Cruise Control bisa diaktifkan di kecepatan 40 km/jam. Jika melaju bawah kecepatan tersebut, Cruise Control tidak akan bisa aktif.

Oleh karena itu, Cruise Control amat tepat digunakan di jalan bebas hambatan seperti di jalan tol atau jalanan yang sepi. Nanti mobil akan melaju terus dengan kecepatan stabil sehingga pengemudi dimudahkan.

Namun, kalau digunakan di area yang ramai, Cruise Control akan sangat berbahaya. Cruise Control membuat laju mobil tetap stabil. Padahal, di jalanan yang padat, kecepatan mobil sering berubah-ubah sesuai dengan jalur yang dilaluinya.

Untuk itu, disarankan untuk menimbang-nimbang terlebih dulu sebelum memakai Cruise Control. Jangan sampai memanfaatkannya justru membahayakan keselamatan berkendara.

Meski begitu, di beberapa jenis mobil tertentu, ada yang melengkapi Cruise Control dengan sensor khusus. Sensor ini mampu mendeteksi keberadaan kendaraan lain di depannya dengan penggunaan teknologi laser.

Nanti ketika sensor mendeteksi kendaraan lain di depan sudah terlalu dekat, otomatis Cruise Control akan mengaktifkan pengereman dengan sendirinya. Berkat itu, kecepatan kendaraan berkurang. Namun, begitu kendaraan di depannya sudah berada di jarak yang aman, kecepatan bakal bertambah lagi secara otomatis.

Dengan kemampuan itu, ada pula mobil yang melengkapi Cruise Control dengan pengaturan jarak dengan kendaraan di depan. Pengemudi bisa menentukannya sesuai pilihan. Nanti ketika jarak dengan kendaraan di depannya mencapai jarak yang diatur, mobil akan melambat dengan sendirinya.

Sangat membantu sekali bukan? Meski Cruise Control mampu membuat mobil melaju dalam kecepatan konstan, pengemudi tetap harus berkonsentrasi dalam mengemudi. Kaki juga harus terus siap menginjak pedal rem jika dibutuhkan atau segera mematikan Cruise Control kalau diperlukan.

Selain itu, agar kenyamanan dan keamanan mobil kian terjamin, penggunaan ban berkualitas sangat menentukan. Pilih dari produsen ternama seperti Dunlop. Dengan pengalaman panjang, Dunlop sanggup memproduksi ban bermutu yang menghadirkan performa terbaik.


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko