Mengapa Sebaiknya Charge HP di Mobil Dihindari?

Sebuah mobil modern umumnya dilengkapi dengan banyak USB Port yang tersebar di beberapa bagian mobil. Fitur ini tentu saja tersedia agar pengemudi dan penumpang bisa melakukan pengisian daya gadget selama melakukan perjalanan. Kalaupun tidak ada USB Port, banyak juga mobil yang dilengkapi dengan soket lighter. Jadi, Anda hanya perlu membeli adaptor untuk melakukan pengisian daya.

Namun, apakah Drivemate tahu bahwa ternyata pengisian daya HP di mobil bisa berbahaya, lho! Tidak hanya berpotensi merusak mobil, pengisian daya juga bisa merusak HP yang Drivemate charge. Memangnya, apa alasan charge HP di mobil bisa menimbulkan dampak negatif?

3 Alasan Menghindari Charge HP di Mobil

Secara garis besar, ada tiga alasan mengapa charge HP di mobil tidak disarankan untuk Anda. Berikut adalah rincian mengapa Anda harus menghindari hal tersebut:

1. Arus listrik mobil tidak stabil

Pertama, arus listrik mobil umumnya tidak stabil, apalagi jika Drivemate menggunakan adapter soket lighter untuk mengisi daya HP. Arus yang tidak stabil ini terjadi karena perputaran mesin mobil yang juga naik turun. Memangnya, apa yang terjadi jika arus listrik tidak stabil?

2. Baterai smartphone bisa rusak

Arus pengisian daya yang tidak stabil dapat menyebabkan rusaknya baterai smartphone. Hal ini bisa terjadi karena baterai HP bekerja dengan tidak optimal saat pengisian daya. Akibatnya, kesehatan baterai HP jadi berkurang, apalagi jika hal ini dilakukan secara terus-menerus.

3. Menguras baterai mobil

Terakhir, mengisi daya baterai HP dengan menggunakan soket charger yang tersedia akan membebani baterai mobil. Jika digunakan dalam jangka waktu pendek, mungkin tidak akan ada masalah besar. Tapi jika dilakukan dalam jangka waktu panjang, baterai mobil akan terkuras dan berpotensi memberikan dampak negatif pada kelistrikan mobil.

Tips Charge HP di Mobil dengan Aman

Jika tetap ingin mengisi daya HP dengan menggunakan charger di mobil, maka ada beberapa hal yang perlu Drivemate perhatikan. Berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Pilih adaptor yang cocok

Pertama, pastikan bahwa adaptor yang digunakan cocok dengan colokan yang tersedia. Beberapa hal yang perlu Drivemate perhatikan adalah pastikan adaptor tidak longgar, memiliki ukuran Ampere yang tepat, serta pastikan bahwa charger yang digunakan adalah charger yang berkualitas atau orisinal.

Penggunaan adaptor yang tidak tepat dapat menyebabkan beberapa dampak negatif, baik bagi mobil maupun smartphone milik Drivemate. Bahkan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan munculnya percikan api.

2. Jangan biarkan smartphone terlalu lama

Berikutnya, Drivemate tidak boleh membiarkan smartphone terisi dayanya terlalu lama, apalagi jika Anda masih menggunakan soket lighter untuk mengisi daya baterai ponsel. Jika listrik tidak stabil, soket atau HP Drivemate bisa cepat panas. Hal ini tentu saja memberikan dampak buruk bagi kelistrikan mobil, dan pastinya menurunkan keawetan baterai HP milik Drivemate.

3. Gunakan USB port alih-alih soket lighter

Jika mobil Drivemate dilengkapi dengan built-in USB Port, gunakanlah soket tersebut daripada soket 12V yang umumnya digunakan untuk lighter. Hal ini dikarenakan arus listrik dari USB Port jauh lebih stabil daripada saat menggunakan adapter yang ditancapkan pada soket lighter. Selain itu, Anda juga jadi tidak perlu bingung mencari mana adaptor yang pas untuk mobil Anda.

4. Hanya gunakan pada kondisi darurat

Karena arus listriknya yang tidak stabil, ada berbagai dampak negatif yang bisa terjadi, terutama pada baterai smartphone. Oleh karena itu, gunakan soket ini hanya saat kondisinya darurat saja. Misalnya saat baterai HP sudah menyentuh angka 1-5%, sedangkan tujuan Drivemate masih jauh, atau jika Drivemate membutuhkan HP tersebut untuk menjadi alat navigasi.

Daripada berisiko merusak kelistrikan mobil, baterai HP, atau memicu kerusakan lainnya, lebih baik charge HP dilakukan di rumah. Pengisian daya di rumah dapat dilakukan dengan arus dan tegangan yang lebih stabil, sehingga baterai HP jadi lebih awet. Kalau memang terpaksa harus mengisi daya, jangan lupakan tips-tips di atas, ya! Dengan begitu, mobil dan HP milik Drivemate jadi bisa lebih awet.


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko